Pandai menyanggah dengan Forum Diskusi Ilmiah !

00.24 / Diposting oleh OSIS SMA NEGERI 3 /

"Maaf saya ingin menyanggah pendapat anda .. bla bla bla" kalimat itu akrab terdengar dalam sebuah perkumpulan yang bernama Forum Diskusi Ilmiah atau dapat disingkat FDI . Kegiatan ini merupakan ekstrakurikuler yang melatih kita untuk berani menyampaikan opini dengan dilandasi fakta yang aktual dan akurat. FDI juga merupakan organisasi bagi siswa-siswi kelas XI yang keanggotaannya terdiri dari tiga dewan dan pengurus inti lain seperti sekretaris dan bendahara. Berbicara tentang aktivitasnya, FDI melaksanakan larut (latihan rutin) setiap hari Kamis sepulang sekolah di pelataran koperasi yang separuh terbuka.

Biasanya, para aktivis FDI berkumpul dengan membuat lingkaran besar dan disetiap larutnya telah disediakan satu topik untuk didiskusikan. Terkadang hanya sharing antar anggota untuk merekatkan kekeluargaan, games, bisa juga adu argumen atau debat parlemen. Adu argumen disini adalah dua tim dengan predikat pro atau kontranya akan saling berdebat untuk memenangkan kasus yang dibawanya. Berbeda dengan debat parlemen, karena pada metode ini satu tim hanya terdiri dari 3 orang yang telah dikoordinir terlebih dahulu sehingga sudah ditentukan yang mana pembicara satu, pembicara dua, pembicara tiga, dan reply speaker. Dalam debat parlemen, disediakan waktu untuk case building yaitu penataan pondasi bagi kasus yang dibawa : definisi, latar belakang, pembagian tugas serta argumen.

Debat parlemen ini sama dengan debat bahasa Inggris dengan metode australian. FDI yang telah didirikan oleh para almamater SMA Negeri 3 Semarang semenjak tahun 90-an ini memiliki event rutin yang dilaksanakan setiap 2 tahun sekali yaitu Gema Mitra Pelajar (GMP) kompetisi debat se-Jawa Tengah yang turut diramaikan oleh sekolah-sekolah favorit dari luar maupun dalam kota seperti SMA Taruna Nusantara dan SMA 1 Jepara. Sedangkan pada tahun-tahun yang tidak dimeriahkan dengan GMP, FDI menggelar workshop seputar debat.

Kedua event tersebut merupakan aktivitas ekstern yang diperuntukkan bagi publik sedangkan kegiatan intern sendiri selain larut, ada pula Malam Keakraban (makrab) yang diadakan 2 kali setiap angkatannya. Disini para anggota akan menghabiskan 2 hari 1 malam untuk mengikuti serangkaian kegiatan seperti tracking, dan 'retorika' a la FDI. Kegiatan ini sangat ditungu-tunggu olah para anggota karena melalui kegiatan ini lah persaudaraan diantara mereka begitu kental. Jika bulan Ramadhan tiba, maka FDI kan menyelenggarakan bubar atau buka bersama dengan sebelumnya mereka mengumpulkan dana dengan menjual makanan ringan dan minuman disaat waktu buka puasa.

Jadi, FDI membuat hidup lebih hidup dengan aktivitas seabrek dan teman yang disebar dimana-mana, karena dengan FDI pula kita diharuskan untuk berkomunikasi dengan lembaga atau badan yang biasanya ikut berpartisipasi dalam event FDI sebagai sponsor atau yang lain. Yang sedang 'hot' diperbincangkan dalam FDI saat ini adalah pemilihan tiga dewan yaitu : Ketua FDI, Ketua Ekstern, dan Ketua Intern. Jadi, tetap ikuti perkembangannya yaa :)

By : Justitia Avila Veda / X6 / 18
powerthunder@rocketmail.com

Label:

0 komentar:

Posting Komentar