GAPUTA

20.11 / Diposting oleh OSIS SMA NEGERI 3 /


SMA 3 adalah salah satu sekolah favorit di Jawa Tengah yang memiliki banyak subsie sebagai pendukungnya. Gaputa merupakan salah satu subsie atau kegiatan ekstrakulikuler yang banyak diminati oleh siswa SMA 3 Semarang. Gaputa kepanjangan dari Ganesha Putra Tama, suatu organisasi pecinta alam yang mengajarkan anggotanya untuk bisa bertahan hidup tanpa merusak alam dalam berbagai situasi maupun kondisi. Gaputa memang memberikan banyak tantangan bagi para siswa yang tergabung di dalamnya, baik itu tantangan secara fisik maupun mental. Para siswa yang tergabung dalam Gaputa, harus memiliki kondisi fisik yang selalu mendukung ( baik) karena banyak energi yang diperlukan karena kita dituntut untuk beraktivitas berat, misalnya ketika para siswa yang tergabung dalam Gaputa mendaki Gunung Ungaran dengan medan yang sulit( jalanan yang dilalui sempit, licin, banyak hewan – hewan yang mengganggu atau mungkin berbahaya ketika pendakian dilakukan) dan para siswa tersebut harus mampu bertahan dengan segala sesuatu yang ada di alam, maksudnya adalah selain mengkonsumsi makanan- makanan perbekalan, semua anggota juga harus mau untuk mengkonsumsi tumbuh – tumbuhan dan hewan – hewan lain seperti cacing atau belalang. Memang terdengar agak menjijikkan dan terasa mual ketika kita mendengar ceritanya tapi itulah Gaputa..
Dalam Gaputa, para siswa juga banyak diberikan pengetahuan – pengetahuan baru, diantaranya adalah pengetahuan bagaimana cara pendakian gunung yang aman, tumbuhan dan hewan mana saja yang dapat dimakan, dan tentu saja melatih keberanian tiap siswa untuk hidup di alam terbuka yang jarang terjamah oleh manusia. Biasanya yang menjadi ketertarikan siswa untuk ikut dalam kegiatan Gaputa adalah karena mereka ingin mengenal alam terbuka lebih dekat yang sekarang ini semakin jarang kita temui keberadaannnya karena ulah manusia yang tidak bertanggung jawab.
Banyak juga manfaat yang dapat dirasakan oleh para siswa setelah mengikuti beberapa kegiatan pendakian gunung yang diadakan oleh Gaputa, diantaranya yaitu mereka lebih bisa menghargai alam dan menyadari betapa pentingnya alam ini untuk kita, baik untuk kehidupan manusia ataupun makhluk hidup lain disekitarnya, melatih keberanian untuk menjelajahi alam sekitar, mendapat pengalaman – pengalaman baru yang setiap orang belum tentu bisa mendapatkannya, dan mendapat pengetahuan unik yang tidak akan diperoleh jika tidak bergabung dengan Gaputa.
Jayalah Gaputa, buktikan bahwa alam bersahabat dan keberadaan mereka penting bagi kita semua.......

2 komentar:

Anonim on 8 Mei 2009 pukul 23.51

GAPUTA JAYA!!!!!!!!!!

Okky on 27 Mei 2009 pukul 04.41

harusnya GANECHA PUTRA TAMA tu...

-Lendir(082709)

Posting Komentar