Karawitan Squad!!!

23.45 / Diposting oleh OSIS SMA NEGERI 3 /

 Kalian pasti tahu kan alat-alat gamelan dari Jawa ?? Sebagai “wong Jawa” pasti tahu tentang alat-alat ini. Nah, di SMA 3 Semarang yang tercinta ini ada suatu kegiatan dan sudah dijadikan dalam salah satu ekstrakulikuler wajib pilihan. Ekstrakulikuler ini sesuai sekali dengan visi dan misi SMA 3 Semarang : “ Menjadi Sekolah Menengah Atas atas bertaraf Internasional terbaik di Indonesia dan Mengutamakan Mutu dengan Kepribadian yangg berpijak pada budaya bangsa”. Kegiatan ini disebut dengan karawitan. Dalam kegiatan ini kita diajak untuk dapat memainkan alat musik yang beraneka ragam jenisnya, mulai dari alat petik, pukul, tepuk dan lain sebagainya. Untuk memainkan alat-alat ini bukan dengan asal pukul saja. Pak Dian sang pembina dari kegiatan ini selalu mengatakan bahwa bermain musik gamelan harus menggunakan “rasa”(perasaan) bukan “rosa”(kekuatan).

 Kegiatan yang sudah dilakukan subsie ini cukup banyak mulai dari mengisi acara dari kegiatan-kegiatan yang ada di SMA 3 Semarang seperti HUT SMA Negeri 3 Semarang, Demo 4 P, Pensaga dan lain-lain. selain itu juga berperan dalam menjamu tamu studi banding dari luar negeri dengan menampilkan tembang-tembang Jawa.  Subsie ini juga dapat memberikan bekal kepada anak-anak yang akan melakukan pertukaran pelajar ke luar negeri.  Latihan rutin diadakan setiap hari Selasa untuk kelas 11 dan Senin, Rabu untuk kelas 10.

 Alat musik karawitan terdiri dari laras pelog dan slendro. Banyak sekali alat-alat gamelan yang dapat dimainkan dalam karawitan ini. Contohnya adalah gambang, kendhang, saron, bonang, kenong, peking, gong, kethuk, dan lain sebagainya. Saat memainkan alat-alat gamelan ini harus hati-hati dan disesuaikan dengan nada dan irama agar menjadi enak didengar dan terdengar berharmoni. Karena jika tidak, maka akan berantakan dan terdengar saling balap-balapan antara alat yang satu dengan yang lainnya. 

 Dalam memainkan gamelan ini ada maknanya lho. Salah satunya kita dapat bersatu menjadi satu kesatuan dari berbagai perbedaan yang kita miliki dan mewujudkan suatu tujuan yang sama. Selain itu ada kegunaannya juga dan kata orang bermain gamelan dapat juga membuat hati tentram para pendengarnya. Lumayan kan dapat pahala karena membuat hati orang lain senang??

 Dan yang perlu kalian tahu, bahwa karawitan ini dapat melestarikan budaya Jawa lho. Tetapi mengapa masih banyak orang yang meremehkan budaya kita ini dan bahkan ada yang malu mengakui adanya budaya gamelan Jawa. Untuk mengakui saja malu, bagaimana untuk melestarikan?? Sudah banyak sekali budaya asli dari Indonesia yang diakui oleh negara lain. Maka dari itu kalau bukan kita yang melestarikan siapa lagi??Apa kata dunia?? >_<

Oleh :

Fitri Amalia Shinta Siwi

(X.10/11)

Label:

0 komentar:

Posting Komentar