Go! Go! Basket! Go!

15.27 / Diposting oleh OSIS SMA NEGERI 3 /


Basket adalah salah satu subsi di bawah naungan OSIS Sma Negeri 3 Semarang. Ekstrakulikuler dibidang olahraga ini termasuk ekstra yang paling digandrungi seantero ‘smaga’. Betapa tidak, setiap ada pertandingan basket atau event-event basket, ekstra yang saat ini diketua Nurlin Hafidz(XI IA 5) ini selalu menyita perhatian seluruh siswa smaga. Mereka selalu berbondong-bondong menyaksikan pertandingan tim basket ini. Mulai dari yang kelas XII, XI, ataupun yang masih imut-imut, ya, kelas X.

Latihan basket dimulai pukul 15.30, tapi seringnya 'ngaret' nyampe 16.00 karena berbagai faktor. Layaknya olahraga lain, latihan basket sangat beragam. Latihan basket diawali dengan jogging 10x lap. basket, namun gag jarang porsinya ditambah, lebih parah lagi diganti MIB (Muter Imam Bonjol, Imam Bonjol adalah nama jalan). Selesai lari-lari, kita pemanasan, nha disesi inilah para pemain sering curhat(selengkapnya baca dibawah). Pemanasan atau 'strecthing ' biasa kami lakukan bersama sambil berhitung 1-8. Diawali dari kepala, bahu, tangan, pinggang, terakhir kaki. Selain organ tubuh di atas, didalam pemanasan baiknya kita melakukan gerakan-gerakan sederhana lain, semisal : lompat-lompat ringan, agar tubuh kita tidak kaget saat menerima porsi latihan yg sesungguhnya nanti.
Setelah pemanasan, mas Didit(pelatih) menginstruksikan untuk 'ABC', yaitu gerakan-gerakan yg dimulai dari 'base line' sampai 'half court'. ABC terdiri dari : jogging, angkat paha, angkat tumit, lompat kijang, dll (sebenarnya masih banyak, tapi saya tidak tahu istilah yg tepat).
Setelah ABC, masuk kelatihan sesungguhnya. Kesimpulannya, 3 tahap di atas cuman 'Pemanasan' saja. Ditahap latihan ini, materi yg diberikan bisa berbeda-beda tiap harinya, tergantung 'tema' apa yg dipakai. Ada 3 tema yg sjauh ini saya ketahui fisik, basic, dan taktik. Sesuai namanya, fisik, adalah latihan yg melatih fisik. Porsi latihan fisik, SEMUAnya sangat melelahkan, itulah mengapa latihan ini dianggap terhoror dari tema yg lain. Basic adalah tema lat. yg melatih dasar basket. Dan taktik, adalah tema latihan, yg porsinya 'strategi', taktik biasa ditrapkan saat event.

Suka duka mengiringi laju tim yang sekarang berkostum merah ini. Mereka yang jadi punggawa-punggawa tim basket ini pasti paham betul, kalah, menang menghiasi raut muka penuh peluh mereka. Ekstra yang rutin mengadakan latihan tiap hari selasa dan kamis ini terkadang harus bermusuh dengan alam, ya… hujan. Lapangan basket smaga yang “outdoor” membuat pusing baik pemain maupun pelatih disaat hujan mengguyur. Namun hal ini tak mengendorkan urat-urat semangat mereka, banyak alternatife yang dapat digunakan, seperti memakai aula(bila tidak dikunci) maupun latihan di gor satria(biaya sendiri). Bahkan disaat cuaca cerah pun, ada saja kendala yang menghadang, jujur saja, tim basket ini kekurangan bola… eittss!! Pasti kalian berpikiran “Mengapa tidak memakai bola basket sekolah?” haha.. memang, jumlah bola basket di gudang olahraga cukup, tetapi tim ini tidak diizinkan oleh sekolah untuk memakai bola yang ada.



lapangan basket yang baru

Sekarang ke lapangan basketnya, layaknya kawah candradimuka , lapangan basket smaga merupakan tempat “penggodokan” para pemain. Tempat ini seperti rumah kedua bagi pemain, berlari.. terjatuh, lay-up, 3-point, dribbling, passing, sampe dapet “jackpot”(baca:muntah) juga pernah kami alami. Lapangan basket juga tempat paling oke buat ngrumpi (sekedar informasi,anak-anak basket sangat-sangat gemar ngrumpi, apalagi curhat dan “ngrasani”). Namun, lapangan kebanggan smaga ini kurang terawat dengan baik, banyak krikil-krikil, permukaan yang tidak rata, yang tentu saja sangat membahayakan pemain saat berlatih maupun bermain,mungkin iya lapangan baru saja dicat, tapi anehnya hal yang saya sebutkan barusan tidak mengalami banyak perubahan. Sebenarnya kami punya lapangan kedua, yang terletak di halaman depan sekolah, tetapi lapangan itu tidak nyaman digunakan, selain tidak fullnya “kerangkeng” yang ada, kondisi udara juga sangat buruk, banyak mobil yang berlalu-lalang di sekitar area ini.

Bicara prestasi, tim basket smaga juga patut diacungi jempol. Smaga pernah menyabet juara I ditingkat Kota Semarang. Namun, keberuntungan sepertinya kurang memihak kami akhir-akhir ini, padahal segudang pemain berbakat telah kami punya, namun tetap saja hasilnya kurang maksimal. Lihat saja Muhammad Arditya Ariansyah(XI IA 4)… yang meraih penghargaan MVP (Most Valuest Player) diajang Honda DBL beberapa waktu yang lalu. Terbuktikan? Pemain-pemain handal sudah kita miliki, tinggal tunggu waktu saja kita bisa meraih hasil maksimal

Dibalik itu semua… ekstakurikuler smaga masih perlu banyak perhatian dari pihak sekolah mengenai hal-hal yang telah saya jelaskan di atas, agar kegiatan basket tidak menghadapi rintangan dan nantinya akan meraih prestasi yang membanggakan.

Oleh Muhammad Irvan H. X-11

Label:

1 komentar:

Comment by atha lakuary on 7 November 2009 pukul 17.32

parkir motornya rapih banget :)

Posting Komentar