Ensamble

07.18 / Diposting oleh OSIS SMA NEGERI 3 /

Ensamble.. Ya, mungkin masih terdengar asing di telinga “orang” luar SMA Negeri 3 Semarang. Ensamble adalah salah satu ektrakurikuler wajib pilihan di SMA Negeri 3 Semarang yang dapat juga dikatakan sebagai mini orchestra. Dalam ekstrakurikuler ini, kita dilatih untuk dapat memainkan alat musik seperti gitar, piano, dan biola. Ekstrakurikuler yang berada di bawah Seksi Persepsi, Apresiasi, dan Kreasi Seni ini diketuai oleh Elna Lalita dan dibimbing oleh Kak Yudhi dari Purwacaraka.

Kegiatan ensamble di antaranya adalah latihan rutin setiap hari Rabu dan Jumat yang diadakan pukul 14.00, mengisi acara HUT SMA Negeri 3 Semarang, menjadi salah satu pengisi acara di Pensaga, buka bersama pada bulan Ramadhan, dsb.

Latihan rutin pada hari Rabu dan Jumat biasa dilaksanakan di ruang kelas X-4 atau di ruang kesenian belakang. Durasi latihan sekitar 90 menit. Kak Yudhi sebagai pembimbing dan kakak-kakak dari ensamble lainnya mencontohkan bagaimana cara memainkan alat musik dengan baik dan benar, kemudian ditirukan oleh anggota ensamble yang masih pemula. Pada akhir latihan biasanya anggota ensamble memainkan alat musik secara bersama-sama.

Yang disayangkan, persediaan alat musik dalam ekstrakurikuler ini masih kurang. Jadi, sedikit menghambat dalam proses latihan. Namun hal ini tidak menjadi penghalang bagi anggota ensamble karena alat musik dapat dipakai secara bergantian. Semoga ke depannya, perlengkapan ekstrakurikuler di SMA Negeri 3 Semarang dapat lebih baik.

Oleh:
Dea Ananda Putri
X-12

Label:

0 komentar:

Posting Komentar